KISAH ORANG BODOH


Ada seorg pemuda sdg memotong rambutnya pd tkg cukur yg berdomisili tak jauh dr kantornya, mrk melihat ada seorg anak kecil ber-lari2 & me-lompat2 tak jauh dr mrk.

Tkg cukur berkata, "Itu Bejo, dia anak paling bodoh di dunia."

"Apa iya?" jwb pemuda itu.

Lalu tkg cukur memanggil Bejo, ia mengeluarkan uang Rp.1000 & Rp.500, lalu menyuruh Bejo memilih, katanya, "Bejo, kamu boleh pilih dan ambil salah satu uang ini, terserah kamu mau pilih yg mana, ayo nih!"

Bejo melihat ke tangan Tkg cukur di mana ada uang Rp. 1000 & Rp. 500, lalu dgn cepat tangannya bergerak mengambil uang Rp. 500.

Tkg cukur dgn perasaan benar & menang lalu berbalik kpd pemuda tsb & berkata,"Benar kan yg saya katakan td, Bejo itu memang anak terbodoh yg pernah saya temui. Sdh tak terhitung brp kali saya lakukan tes spt itu tadi & ia selalu mengambil uang yg nilainya paling kecil."

Setelah pemuda tsb selesai memotong rambutnya, di tengah perjalanan pulang dia bertemu dgn Bejo.

Krn merasa penasaran dgn apa yg dia lihat sebelumnya, dia pun memanggil Bejo lalu bertanya, "Bejo, tadi saya melihat sewaktu tkg cukur menawarkan uang Rp.1000 & Rp.500, saya lihat koq yg kamu ambil uang yg Rp. 500, kenapa tak ambil yg Rp.1000, nilainya kan lebih besar dua kali lipat dr yg Rp.500?"

Bejo menjwb, "Saya tdk akan dpt lg uang Rp.500 setiap hari, krn tukang cukur itu selalu penasaran kenapa saya tdk ambil yg 1000. Kalau saya ambil yg Rp.1000, berarti permainannya akan selesai"

PELAJARAN YG DAPAT DIAMBIL :

Banyak org yg merasa lbh pintar dibandingkan org lain, sehingga mrk sering menganggap remeh org lain.  Ukuran kepintaran seseorang hanya TUHAN yg mengetahuinya.

Alangkah bijaksananya kita jika tdk menganggap diri sendiri lebih pintar dari org lain

No comments:

Post a Comment

ISLAMIC MEDITATION EBOOK